Rabu, 10 Maret 2010

PELATIHAN PELAKU PNPM-MD TA 2010 KEC. CAWAS



Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat - Mandiri Perdesaan (PNPM MD) Kec. Cawas merupakan salah satu bentuk program pengembangan dan pembangunan masyarakat yang pada dasarnya berupaya mengubah sikap, perilaku, pandangan dan budaya yang mengarah pada self-help dan self reliance dalam mengenal masalahnya, merencanakan dan melakukan pemecahan, tetapi juga dalam evaluasi segala tindakan yang telah dilaksanakan.
Beberapa pendekatan yang dapat diterapkan dalam peningkatan kapasitas masyarakat diantaranya :
1. Sebagai suatu proses, adanya perubahan pada manusia, dengan adanya saling berinteraksi, dan terlibat dalam beberapa kegiatan (sosial, psykologis, dan sebagainya)
2. Sebagai suatu metode, dengan menggunakan cara-cara khusus
3. Sebagai suatu program, adanya jalinan cara kerja dalam setiap pentahapan kegiatannya
4. Sebagai suatu gerakan, mengedepankan suatu dinamika, yang dilaksanakan berdasarkan gagasan yang muncul.
Oleh sebab itu peningkatan kapasitas masyarakat menjadi sangat penting dalam pelaksanaan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat – Mandiri Perdesaan (PNPM-MD). Peningkatan kapasitas masyarakat dapat terwujud melalui pelatihan-pelatihan, baik dilakukan secara bersama-sama dalam jumlah yang besar maupun dalam lingkup yang kecil dan personal.
Beberapa upaya peningkatan kapasitas masyarakat melalui pelatihan-pelatihan yang telah dilaksanakan di Kecamatan Cawas melalui Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat – Mandiri Perdesaan (PNPM-MD) pada tahun 2010 sampai saat ini adalah :
1. Pelatihan Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa Tahap I, 10 – 11 Maret 2010
2. Pelatihan Tim Penulis Usulan, 18 Februari 2010
3. Pelatihan Tim Verifikasi, 1 Maret 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar